Sat. Jan 28th, 2023

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan ucapan selamat Hari Raya 2022 kepada umat Kristiani di Indonesia, Minggu (25/12/2022). Melalui akun resmi Instagram pribadinya, Jokowi turut menyampaikan harapannya untuk Umat Kristiani. "Saudara saudaraku umat Kristiani yang sedang bersukacita menyambut Hari Raya Natal di mana pun berada."

"Semoga kedamaian, kebahagiaan, dan cinta kasih senantiasa memayungi langkah kita semua," tulis , Minggu (25/12/2022). Dalam postingan Jokowi, juga dibagikan gambar ilustrasi yang memperlihatkan sejumlah orang tampak bersuka cita menyambut Hari Natal. Di mana ada beberapa anak kecil sedang makan, kemudian ada orang yang membawa kotak hadiah duduk di depan pohon Natal.

Aneka makanan pun disajikan dalam ruangan yang dihias pernak pernik Natal tersebut. Selain itu, ucapan Selamat Natal disampaikan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD, ketika memantau situasi malam Natal 2022 di DIY pada Sabtu (24/12/2022). Saat itu, Mahfud diketahui meninjau peribadatan di Gereja Katholik Santo Antonius, Gereja Kristen Jawa Mergangsan, Gereja Katholik Pringgolayan, dan Gereja Sawo Kembar Gondokusuman

Dalam kesempatan tersebut, Menko Polhukam menegaskan, pemerintah sangat serius dalam membangun keberagaman agama yang toleran, saling menghormati, dan memberikan ruang untuk beribadah semua agama. "Beribadah dengan sebaik baiknya menurut keyakinan masing masing karena sejatinya apabila kita taat dalam beribadah tidak akan terjadi kerusakan," kata Mahfud MD. Selain menteri Jokowi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan ucapan Selamat Natal ketika meninjau Perayaan Misa Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta pada Sabtu (25/12/2022) malam.

"Mengucapkan Natal untuk saudara, damai Natal, damai sejahtera, dan membawa harapan untuk tahun ke depan yang lebih baik dalam menghadapi situasi dan perkembangan global yang ada," ucap Listyo Sigit. Dalam kesempatan tersebut, Kapolri menegaskan, jajarannya dan prajurut TNI bersinergi menjaga keamanan agar pelaksanaan ibadah Natal berlangsung aman dan lancar. "Puji Tuhan, hari ini (Sabtu), tidak hanya TNI Polri kita bersama ormas dalam hal ini Banser, semuanya bersama melaksanakan pengamanan untuk menjaga agar Ibadah Natal aman dan lancar sesuai harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi)," katanya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kepolisian Republik Indonesia menjamin keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. Hal tersebut, dimaksudkan agar ibadah umat Kristiani bisa berjalan lancar dan aman. "Kemarin, kami sudah bersama Kapolri untuk bertekad mengamankan acara Natal maupun Tahun Baru 2023."

"Dengan tekad kami untuk menjaga keamanan ini, saya harapkan umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan penuh kebahagian dan tentunya jaminan keamanan kita jamin dengan Kapolri dan seluruh jajaran," ucap Panglima TNI dalam tayangan video yang diunggah di kanal YouTube , Sabtu (24/12/2022) malam. Yudo Margono berharap, perayaan Natal pada tahun ini, dapat terlaksana dengan penuh kebahagiaan. "Mudah mudahan Natal ini kita dapat melaksanakan dengan aman, lancar, dengan penuh kebahagian seperti yang sekarang ini kita laksanakan bersama," katanya.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengajak umat Kristiani untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi, menjelang tahun politik pada 2024 mendatang. "Kita mengajak umat Kristiani untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa karena di tahun 2023 2024 kita akan menghadapi tahun politik yang dari sekarang kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa."

"Sehingga, tahun 2023, 2024 kita hadapi dengan aman, lancar dan penuh kebahagiaan," ungkap Yudo Margono. Sebelumnya, ucapan Natal juga diungkapkan oleh Panglima Yudo. "Saya ikut berbahagia malam ini karena untuk pertama kalinya saya diangkat Panglima TNI dan bisa hadir di sini (Gereja Katedral Jakarta). Kami atas nama seluruh prajurut TNI di seluruh Indonesia mengucapkan selamat Natal, semoga damai Natal menyertai kita semua," tuturnya.

Alhamdulillah , tahun ini kita bisa merayakan Natal lebih dari tahun lalu, setelah Covid 19," imbuh Yudo. Simak berita lainnya terkait

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *